Kamis, 22 Oktober 2015

WORKSHOP PENELITIAN



Tepat pada hari minggu, 18 Oktober 2015, pukul 13:00 wit pelaksanaan worshop penelitian yang diadakan Komunitas Kesehatan Masyarakat dan Budaya (KPKM-B) bertempat di Kafe Ogi berjalan dengan lancar. Sekitar kurang lebih 30 peserta yang hadir  dan semuanya merasa antusias dalam acara tersebut. Materi worshop kali ini di bawakan oleh Pembina KPKMB atau sering disapa Kak Ema dan Kak Inu selaku pendiri KPKMB. Materi yang dibawakan oleh kak Ema berjudul “Penelitian itu bagian dari kehidupan” dan Kak Inu membawakan materi “Penelitian Kuantitatif”. Penyampaian materi kurang lebih berlangsung selama 2 jam. 

Selepas materi selesai dipaparkan, dua orang peserta dengan antusisanya bertanya. Salah satu pertanyaan  dilontarkan oleh Alfia Khairani yang menayakan bahwa “bagaimna bila dalam penelitian kita ingin meneliti tetapi sumber referensi yang mau diteliti kurang?” kak Inu menjawab kurang lebih intinya seperti ini “bila kurang sumber maka kita harus memastikan bahwa judul yang kami angkat apakah menjadi masalah yang ada di sekitar kita, selain itu suber informasi bukan hanya dari jurnal yang ada di Indonesia seharusnya kita juga mesti menengok jurnal-jurnal yang diterbitkan dengan skala internasional.




Workshop yang kami adakan kali ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dalam diri untuk melakukan penelitian, tanpa menganggab bahwa meneliti itu adalah hal yang sulit. Krena kami yakin bahwa dengan meneliti salah satu bentuk kontribusi kami dalam memajukan indonesi, oleh krenan itu pentingnya menanamkan rasa cinta terhadap penelitian.

0 komentar:

Posting Komentar